Tuesday 14 March 2017

Keistimewaan Hari Jum'at


Disebutkan oleh Imam Ibnul Qoyyim -rohimahulloh- lebih dari 30 keistimewaan yang Allah khususkan pada hari Jumat, diantaranya:

▪️ Diantara petunjuk Nabi ﷺ ialah mengagungkan hari ini dan memuliakannya serta mengkhususkannya dengan beberapa ibadah yang dikhususkan baginya dari selainnya, dan para ulama telah berselisih pendapat apakah hari Jumat lebih utama atau hari Arafah.

▪️ Kebiasaan beliau ﷺ membaca pada (sholat) Fajar-nya dengan dua surat [As-Sajadah] dan [Al-Insaan].

Dan aku mendengar syaikh kami Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah -rohimahulloh- mengatakan: sesungguhnya beliau ﷺ membaca kedua surat ini di dalam sholat Fajar di hari Jumat karena keduanya mengandung perkara yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi di hari itu, sehingga keduanya mengandung penciptaan Adam, dan menyebutkan hari akhirat dan dikumpulkannya para hamba, dan itu terjadi pada hari Jumat.

▪️ Perintah untuk mandi di hari Jumat, dan itu adalah perintah yang ditekankan sekali.

▪️ Bahwasanya tidak dimakruhkan padanya melakukan sholat di waktu zawal menurut imam As-Syafi'i -rohimahulloh- dan siapa saja yang sepakat dengannya, dan itu adalah pendapat yang dipilih oleh syaikh kami Abul Abbas Ibnu Taimiyyah.

▪️ Sholat Jumat yang mana dia termasuk dari kewajiban Islam yang ditekankan, dan barangsiapa yang meninggalkannya karena meremehkannya maka Allah akan tutup hatinya.

▪️ Bahwasanya dianjurkan untuk melakukan tajmir masjid, dan Umar -radhiallahu 'anhu- telah memerintahkan untuk mentajmir masjid Madinah setiap Jumat ketika telah tengah hari. [Tajmir yang dimaksud ialah menyalakan bukhur (wewangian dari kayu bukhur)].

▪️ Bahwasanya tidak dibolehkan safar pada hari Jumat bagi siapa saja yang diwajibkan menunaikan sholat Jumat sebelum dia menunaikan sholat Jumat setelah masuk waktunya,

️ adapun sebelumnya maka bagi ulama ada 3 pendapat, dan Umar Ibnul Khotbah pernah melihat seseorang yang telah bersiap untuk safar dan orang tersebut mengatakan: sesungguhnya hari ini adalah hari Jumat dan kalau sekiranya bukan tentu aku akan berangkat, maka Umar berkata:
"Sesungguhnya Jumat tidaklah menghalangi musafir maka pergilah selama belum tiba waktu sholat."

▪️ Sesungguhnya pada hari Jumat ada waktu dikabulkannya doa, yaitu waktu dimana tidaklah seorang hamba muslim meminta kepada Allah pada waktu tersebut sesuatu melainkan Allah akan memberinya, dan pendapat paling kuat waktunya adalah setelah Ashar.
_____

📚 Zaad Al-Ma'aad (1/363).

Romeltea Media
Hikmah Santri Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top