Sunday 19 February 2017

Siapakah Khawarij itu? Ini Dia Keterangannya



© Hanya untuk tujuan pendidikan, tidak terkait dalam komunitas organisasi atau pergerakan apapun.

Berdasarkan sumber dari sejarah dari Ulama terkemuka seperti Ibnu Katsir dalam tafsirnya Khawarij awalnya adalah syiah, kemudian mereka menyimpang diri dari Syiah setelah Ali Bin Abi Thalib (RA) berdamai dengan Muawaiya (RA), kemudian mereka membunuh Ali Bin Abi Thalib karena telah berdamai dengan Muawaiya. Menentang kekhalifahan adalah tradisi Syiah, dan khawarij tidak mengubah tradisi ini meskipun mereka sudah memisahkan diri dari golongan Syiah. Syiah tidak mempercayai adanya Khalifah, mereka percaya pada sesuatu yang disebut “Imamah” yang benar-benar berlawanan dari kekhilafahan. Sama halnya seperti golongan Syiah, para khawarij pada masa Ali membenci dan mengutuk para Sahabat Nabi.

Khawarij bersikeras bahwa Khalifah tidak perlu berasal dari Quraisy, ini merupakan salah satu tanda utama mereka, sementara itu IS (Islamic State) percaya bahwa Khalifah Muslim harus berasal dari Quraisy, dan bahkan khalifah IS (Islamic State) saat ini adalah keturunan Quraisy.

Jika kita melihat sejarah Khawarij, mereka memberontak dan melawan setiap kekhalifahan yang ada dalam sejarah Islam, mulai dari Rashiduns sampai Abbasiyah. (Mereka membunuh Usman dan Ali ketika mereka menjadi Khalifah)

~~~


Romeltea Media
Hikmah Santri Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top