Wednesday 15 February 2017

Jangan Safar Sendirian


Ada pembahasan ringkas berkaitan dengan bepergian atau safar, apakah disunnahkan safar dengan teman. Ternyata dalam hal ini ada beberapa hadis dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan hadis yang menerangkan tentangnya adalah sahih. Di bawah ini kami bawakan tiga buah hadis seputar permasalahan: .
[1]. Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu berkata: .
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang menyendiri, yakni seseorang tidur malam (di rumah) sendiri atau pergi safar sendiri. (hadis sahih. lihat ash-Shahihah, no.60)
Senada dengan perkataan di atas apa yang ucapkan oleh di Umar bin al-Khaththab radhiyallahu 'anhu, ia berkata:
. "Janganlah seorang dari kalian safar sendirian, dan jangan pula ia tidur di rumah sendirian."
.
[2]. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
.
Kalau saja manusia mengetahui dalam kesendirian sebagaimana yang aku ketahui, pasti ia tidak akan berani bepergian sendirian selamanya. (hadis sahih. lihat ash-Shahihah, no.61)
.
[3]. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda: .
Orang yang safar sendirian adalah setan (bermaksiat), dan orang yang safar berdua adalah dua setan (bermaksiat), jika tiga orang maka mereka adalah orang yang safar. (hadis hasan. lihat ash-Shahihah, no. 62)
.
PENJELASAN SINGKAT
.
Ath-Thabari rahimahullah berkata: "Ini adalah larangan untuk mendidik dan mengarahkan, karena dikhawatirkan seorang akan takut kesepian, dan hukumnya tidak haram. Orang yang berjalan di padang pasir sendirian atau yang tidur di rumahnya sendiri tidak akan merasa aman dari kesepian, terutama bila ia memiliki pikiran yang buruk atau hati yang lemah. Dan yang benar (dalam masalah ini) manusia itu berbeda-beda, sehingga larangan di atas bertujuan untuk memutuskan kesepian tersebut, maka makruh hukumnya menyendiri demi menutup pintu kepada kesepian, dan hukum makruh tersebut pada hak dua orang menjadi lebih ringan dari pada pada satu orang." .
Satu kesimpulan ringkas dari tulisan di atas adalah,
DISUNNAHKAN safar secara bersama-sama MINIMAL 3 ORANG. .

Allahu a’lam.


Romeltea Media
Hikmah Santri Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top